DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JINEUS BALL (JIGSAW, NUMBERED HEADS TOGETHER, DAN SNOWBALL THROWING) KELAS V SDN TELUK DALAM 11 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SAID ZAJULI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-14


ABSTRAK

Rahman, Muhammad Said Zajuli 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKn  Menggunakan Kombinasi Model Jineus Ball (Jigsaw, Numbered Heads Together, Dan Snowball Throwing) Kelas V SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing:
Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar siswa, Kombinasi Model PembelajaranJineus Ball (Jigsaw, Numbered Heads Together, Dan Snowball Throwing).

 

Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran ini adalah karena penggunaan model pembelajaranyang kurang tepat, lebih bepusat pada guru, keterlibatan siswa belum menyeluruh hanya didominasi oleh siswa yang pandai, siswa hanya ingin berdiskusidengan teman akrabnya saja tidak menghiraukan teman yang lain, siswa kurang termotivasi, kurangnya interaksi antar siswa, pembelajaran tidak melibatkan pengalaman secara langsung dan kurang bermakna. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mendeskripsikan aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan menganaisis  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada materi Keberagaman Sosial Budaya Masayarakatdengan kombinasi Model Jineus Ball(Jigsaw, Numbered Heads Together, Dan Snowball Throwing).

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang, KKM 70.Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 75% (baik), meningkat menjadi 98% (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 50% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 94% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 56% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 94% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini disimpulkan bahwa kombinasi model Pembelajaran Jineus Ball (Jigsaw, Numbered Heads Together, Dan Snowball Throwing) dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan PPKn materiKeberagaman Sosial Budaya Masayarakatdi kelas V SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI