DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING, EXAMPLE NON EXAMPLE, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS V SDN MAWAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:LAILA FARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Farida, Laila. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Posing, Example Non Example, Dan Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V SDN Mawar 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Posing, Example Non Example, Numbered Head Together (NHT).

 

Permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran ini adalah siswa belum mampu dalam memecahkan masalah, siswa menganggap bahwa matematika itu sulit, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, . Hal tersebut disebabkan karena siswa belum bisa  menerima pembelajaran dengan metode pembelajaran yang diberikan. Oleh sebab itu, dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran menggunakan kombinasi Model Pembelajaran Problem Posing, Example Non Example, Dan Numbered Head Together (NHT) Di Kelas V SDN Mawar 4 Banjarmasin, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Mawar 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak  22 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 81% (baik), meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 55% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 95% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 36% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 91% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Pembelajaran Problem Posing, Example Non Example, Dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam materi volume bangun ruang di kelas V SDN Mawar 4 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI