DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGRIKU MENGGUNAKAN MODEL LEMBAR ENAM CONCEPT ( Pembelajaran efektif berorientasi pada proses kerjasama ) PADA SISWA KELAS IV SDN GUDANG HIRANG 3 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:EFENDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

ABSTRAK

 

Efendi. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Beajar Muatan IPA Tema Indahnya Keragaman di Negriku Menggunakan Model Lembar Enam Concept ( pembelajaran efektif berorientasi pada proses kerjasama ) pada Siswa Kelas IV SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

KataKunci:     Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar,  Hasil Belajar, Problem Based Learning, Example Non Example Dan Concept Sentence.

Permasalahanpenelitianiniadalahrendahnyaaktivitas, motivasi, dan hasilbelajar siswa di kelas IV SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar yang disebabkan oleh pembelajaran bersifat satu arah, kurang menyenangkan, dan kurang menekankan pada berpikir kritis. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiaktivitasguru,aktivitas, motivasidanhasil belajar dalam melaksanakan pembelajaran pada muatan IPA dengan kombinasi Model Pembelajaran Lembar Enam Concept.

PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelasyangdilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar dengan jumlah 34 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 25perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data  menggunakan teknik analisis deskriptif tabel dan grafik.Aktivitasgurudikatakanberhasiljikamencapai kriteria “Sangat Baik” , motivasi dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”  dan “Sangat termotivasi” apabilamemperoleh≥80%.Hasilbelajarsiswatuntasapabilasiswamencapainilai≥70 atau ketuntasan secara klasikal yaitu≥80%.

Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kualitas aktivitas guru yang awalnya memperoleh skor 30 dengan mencapai kriteria “Baik” pada pertemuan 1 menjadi kriteria “Sangat Baik” dengan perolehan skor 39 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 73,52% pada pertemuan 1 menjadi 100% pada pertemuan 4. Motivasi siswa mengalami peningkatan dari 67,65% pada pertemuan 1 menjadi 100% pada pertemuan 4. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai ketuntasan secara klasikal 67,64% kemudian meningkat menjadi 97,05% pada pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Lembar Enam Concept pada siswa kelas V SDN Gudang Hirang 3 Kabupaten Banjar telah terlaksana sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Menggunakan model Lembar Enam Concept secara klasikal “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa dalam pelaksaan pembelajaran setiap pertemuan terjadi peningkatan sehingga memperoleh katagori “Sangat Termotivasi. model Lembar Enam Concept Mampu meningkatkan Hasil belajar siswa hingga pertemuan Terakhir mencapai 100% siswa tuntas.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI