DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBEAJARAN RING TOURNAMENT DI KELAS IV SDN KUIN CERUCUK 5 BANJARMASIN
PENGARANG:EKA GIANA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

Wulandari, Eka Giana. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Macam-Macam Gaya Menggunakan Model Pembelajaran Ring Tournament Di Kelas IV SDN  Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr.Noorhapizah,ST.,M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Ring Tournament

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang disebabkan karena siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan, pembelajaran bersifat monoton, dan kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Untuk mengatasi masalah tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan model Ring Tournament diadobsi dari model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, dan Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 pertemuan. Dilaksanakan di kelas IV SDN Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 pada muatan IPA materi macam-macam gaya. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif berupa hasil observasi guru dan siswa serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, adapun pada pertemuan 2, dan 3 mencapai kritera sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 52,2%, pertemuan 2 memperoleh 70%, dan pertemuan 3 mencapai 91%.Hasil belajar siswa pun menunjukkan peningkatan dimana pada hasil belajar aspek kognitif pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 52% hingga 87%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 3 terjadi peningkatan dari 61% hingga 83%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 52% hingga 83% secara klasikal.

 Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Ring Tournament diadobsi dari model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, dan Team Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan agar penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI