DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL BEBAS MASUK PADA SISWA KELAS IVA SDN KUIN UTARA 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SHELLA FITRI AYU INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

 

Indriani, Shella Fitri Ayu.2020. Meningkatkan Aktivitas, Disiplin, dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika Menggunakan Model BEBAS MASUK Pada Siswa Kelas IVA SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin, Hasil belajar, Matematika, Bangun Datar

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan disiplin belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya pemahaman serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran,  kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif. Untuk mengatasi masalah tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran BEBAS MASUK yang diadobsi dari model Team Assisted Individually, Example Non Example, dan Probing Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keterlaksanaannya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model tersebut.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan sasaran penelitian adalah siswa-siswi kelas IVA SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin, tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa pertempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan menggunakan persentase.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kritera baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan III mencapai kritera sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 58.06%, pertemuan II memperoleh 67.74%, dan pertemuan III memperoleh 90.32%. Disiplin belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 48.39%, pertemuan II memperoleh 70.97%, dan pertemuan III memperoleh 93.55%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 45.16%, pertemuan II mencapai 70.97%, dan pertemuan III mencapai 90.32%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model BEBAS MASUK yang diadobsi dari model Team Assisted Individually, Example Non Example, dan Probing Prompting dapat meningkatkan aktivitas, disiplin, dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas dan disiplin belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI