DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN MODEL CONAN STICKS DI KELAS V SDN MAWAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:IRMA ISNANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

 

Isnani, Irma. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran IPA Materi Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa Alam Menggunakan Model Conan Sticks Di Kelas V SDN Mawar 4  Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar, Conan Sticks.

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa, kurangnya motivasi belajar siswa dan tidak adanya interaksi antara siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan model yang digunakan kurang inovatif. Upaya menyelesaikan masalah tersebut diatas dilakukan melalui kombinasi model pembelajaran Conan Sticks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Mawar 4 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥65.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 24 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 59% hingga 95% (klasikal). Motivasi belajar pada pertemuan 1 meningkat dari 55% hingga 95% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 55% hingga 95% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 45% hingga 95% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% - 95% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Conan Sticks dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI