DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL KOMPOR ( KELOMPOK, MENGANALISIS, PRESENTASI, ORGANISASI DAN RAMAI ) PADA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 7 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ASEP PERMANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Permasalahan penelitian  ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin yang disebabkan oleh kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung kurang bermakna dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang dipelajari karena siswa cepat bosandan tidak menganggap bahwa belajar adalah kebutuhan.Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, motivasi  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  tema 8 Lingkungan Sahabat Kitadengan model KOMPOR (Kelompok, Menganalisis, Presentasi, Organisasi dan Ramai).

Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan data  dengan observasi pada  aktivitas guru, aktivitas dan motivasi siswa sedangkan  pengambilan data dengan tes tertulis yaitu pada hasil belajar siswakemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafikselanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, motivasi serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 20 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 29 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 30% kriteria “Kurang Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 85% kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 45% kriteria “Cukup Tinggi ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 90% kriteria “ Sangat Tinggi ” dan  hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 55% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87%.

           Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas  guru  terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, motivasi siswa sangat tinggi serta  hasil belajar  meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.Disarankan hasil peneliian ini dapat dijadikan sebagai  alternatif  pemilihan  dan  penggunaan  model  pembelajaran  untuk mata pelajaran IPS Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI