DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN MODEL KOMPOR ( KELOMPOK, MENGANALISIS, PRESENTASI, ORGANISASI DAN RAMAI ) PADA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 7 KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ASEP PERMANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-15 |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin yang disebabkan oleh kegiatan belajar dan pembelajaran cenderung kurang bermakna dan kurang aktifnya peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang dipelajari karena siswa cepat bosandan tidak menganggap bahwa belajar adalah kebutuhan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi dan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 Lingkungan Sahabat Kitadengan model KOMPOR (Kelompok, Menganalisis, Presentasi, Organisasi dan Ramai).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi pada aktivitas guru, aktivitas dan motivasi siswa sedangkan pengambilan data dengan tes tertulis yaitu pada hasil belajar siswakemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafikselanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, motivasi serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 20 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 29 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 30% kriteria “Kurang Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 85% kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 45% kriteria “Cukup Tinggi ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 90% kriteria “ Sangat Tinggi ” dan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 55% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 87%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, motivasi siswa sangat tinggi serta hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.Disarankan hasil peneliian ini dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di kelas V.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI