DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MODEL BALON (Membaca dalam kelompok yang menyenangkan) PADA SISWA KELAS V SDN MANTUIL 3 BANJARMASIN
PENGARANG:PANGKI PONANJA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

ABSTRAK

 

Pangki Ponanja. 2020. Meningkatkan Aktivitas,Motivasi,dan Hasil Belajar pada muatan bahasa Indonesia keterampilan membaca menggunakan Model Balon (membaca dalam kelompok yang menyenangkan) pada siswa kelas V SDN mantuil 3 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr.Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D

 

 

 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Directed Inquiry Activity, Group Resume, Scramble.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar siswa pada keterampilan Membaca. Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah menggunakan kombinasi model Directed Inquiry Activity (DIA), Group resume dan Scramble. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa,motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas.setting penelitian ini adalah siswa kelas VSDN mantuil 3 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif  tabel dan grafik.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dilakukan dengan sangat baik. Pada pertemuan 1 yaitu 75%, pertemuan 2 mencapai 86%, pertemuan 3 mencapai 92% dan pertemuan 4 mencapai 100%. (2) Aktivitas siswa sangat aktif. Pada pertemuan 1 mencapai 27%, pada pertemuan 2 mencapai 54%, pada pertemuan 3 mencapai 77% dan pertemuan 4 menjadi 92% atau “hampir seluruh siswa sangat aktif”. (3) Motivasi siswa berhasil meningkat. Pada pertemuan 1 mencapai 15%, meningkat pada pertemuan 2 mencapai 58%, pada pertemuan 3 mencapai 81% dan pada pertemuan 4 menjadi 92% atau “hampir seluruh siswa sangat kritis”. (4) Ketuntasan hasil belajarklasikal pada pertemuan 1 mencapai 35%, pada pertemuan 2 mencapai 54%, pada pertemuan 3 mencapai 85% dan pada pertemuan 4 mencapai 100% siswa tuntas.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Directed Inquiry Activity, Group Resume, dan Scrembel pada siswa kelas V SDN Mantuil 3 Banjarmasin telah terlaksana sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Menggunakan  model Directed Inquiry Activity, Group Resume, dan Scrembel secara klasikal “hamper seluruh siswa sangat aktif”. Motivasi belajar siswa dalam pelaksaan pembelajaran setiap pertemuan terjadi peningkatan sehingga memperoleh katagori “Hampir seluruh siswa sangat termotivasi. Penggunaan model Directed Inquiry Activity, Group Resume, dan Scrembel mampu meningkatkan kemampuan membaca hingga pertemuan terakhir. model Directed Inquiry Activity, Group Resume, dan Scrembel Mampu meningkatkan Hasil belajar siswa hingga pertemuan Terakhir mencapai 100% siswa tuntas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI