DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN MODEL INSTING PADA KELAS IV SDN BELITUNG SELATAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:SYUKRAN MA`MUN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Ma’mun, Syukran. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Macam-Macam Gaya Menggunakan Model Insting Pada Kelas IV SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.

 

Kata  Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Gaya, INSTING, Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Talking Stick

 

Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas IV/B SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin pada materi macam-macam gaya yang disebabkan oleh siswa yang tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif, dan media pembelajaran serta alat peraga belum memadai. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui model pembelajaran INSTING (Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), dan Talking Stick). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV/B SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV/B semester genap SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif yang disajikan dalam tabel dan grafik diinterpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 22 dengan kriteria baik, pertemuan 2 memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik, dan pertemuan 3 memperoleh skor 29 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif dengan persentase 57,89%, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif dengan persentase 77,77%, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 90,00%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 68,42%,  pertemuan 2 mencapai 83,33%, dan pertemuan 3 mencapai 95,00%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran INSTING (Inkuiri Terbimbing,Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), dan Talking Stick) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi macam-macam gaya pada kelas IV/B SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin. Disarankan bagi guru menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik dan, menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI