DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SI HITAM PADA SISWA KELAS V SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SRI AZIZATUL ULYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Ulya, Sri Azizatul. 2020. “Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Model Pembelajaran SI HITAM Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Lingkungan Sahabat Kita, Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT), dan Make A Mathc (MAM)

                        

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa, pembelajaran satu arah, siswa tidak memahami  materi dan kurangnya pengalaman belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Upaya untuk meningkatkan aktivitaa, pembelajaran satu arah, pemahaman siswa terhadap materi  dan kurangnya pengalaman belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran SI HITAM yang merupakan kombinasi dari model Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT), dan Make A Mathc (MAM). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatam kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Pangeran 1 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswadan angket motivasi belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisi dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 20 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 32 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 40.65% hingga pertemuan IV mencapai 100.00%. Motivasi Belajar siswa pertemuan I memperoleh 90.63%, dan pada pertemuan IV memperoleh 100.00%. ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46.88% dan pertemuan IV mencapai 100.00%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SI HITAM yang merupakan kombinasi model Group Investigation, Number Head Together, Make A Match dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI