DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK TALK WRITE(TTW) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS VA SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU INDRAWATI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

 

Safitri, Ayu Indrawati. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman TeksNonfiksi Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Dikombinasikan Dengan Think Talk Writw(TTW)dan Course Review Horay (CRH)pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Syahmani, M.Si.

Kata kunci: Keterampilan membaca, Teks Nonfiksi, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), Course Review Horay (CRH).

            Permasalahan penelitian tindakan ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menemukan informasi pada teks nonfiksi. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, pembelajaran bersifat satu arah, siswa tidak serius melakukan kegiatan membaca serta siswa tegang dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa hanya sebatas melaksanakan tugas untuk membaca saja tetapi tidak memahami isi bacaan atau makna yang mereka baca. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi model CIRC, TTW dan CRH.

            Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas 5A SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa, terdiri 17 laki-laki dan 11 perempuan. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan yang telah ditetapkan.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat dari siklus I mencapai skor 29 dengan kategori baik, meningkat di siklus II mencapai skor 35 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I 50% dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II mencapai 96% dengan kategori sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 60% masih dibawah KKM meningkat pada siklus II menjadi 95%.

 

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Think Talk Write  (TTW) dan Course Review Horay  (CRH) dapat meningkatkan aktivitas  guru,  siswa  dan  hasil  belajar  pada  materi membaca  pemahaman pada  cerita nonfiksi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam  meningkatkan aktivitas guru, siswa  dan  hasil  belajar  dalam   pembelajaran  khususnya  pada  materi membaca pemahaman teks nonfiksi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI