DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), THINK TALK WRITE (TTW), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FARAH DINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

Dina, Farah. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Think Talk Write (TTW), dan Talking Stick  Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dn Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S. H., M. Pd.

 

 

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi Model Group Investigation (GI), Think Talk Write (TTW), Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa   kurang dari kriteria ketuntasan minimal ≥65 di kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah (teacher centre), pada proses belajar siswa kurang menguasai konsep materi dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Think Talk Write (TTW), dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang semester genap SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh  melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria kurang baik, pertemuan II mencapai kriteria cukup baik, pertemuan III mencapai kriteria Baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan II  dan III mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 47%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 58%, Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 68%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 84%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation (GI), Think Talk Write (TTW), dan Talking Stick,  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS materi Kegiatan Ekonomi pada siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah  satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI