DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MENGGUNAKAN MODEL INOVATIF IKLIM EKSTRIM PADA SISWA KELAS V SDN BERANGAS 1 BARITO KUALA
PENGARANG:Muhammad Fauzan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Aktivitas belajar merupakan faktor utama penentu dari keberhasilan proses pembelajaran, salah satunya aktivitas guru. Aktivitas guru menjadi faktor kunci dari keberhasilan aktivitas belajar dan disiplin belajar siswa yang berpengaruh pada keberhasilan hasil belajar siswa. Namun faktanya dilapangan terkhusus pada SDN Berangas 1 Barito Kuala aktivitas dan disiplin belajar masih relatif rendah yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Melalui Model Inovatif IKLIM EKSTRIM (Investigasi Kelompok Melalui Eksperimen dan Bermain) merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar siswa dan untuk meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Berangas 1 Barito Kuala tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  23 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket disiplin belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 22, pertemuan II mendapat skor 27, pertemuan III mendapat skor 29, dan pertemuan IV mendapat skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 78.26%, pertemuan II memperoleh presentase 86.96%, pertemuan III dan IV memperoleh presentase 100%. Disiplin belajar siswa pertemuan I sampai dengan pertemuan IV memperoleh ketuntasan klasikal mencapai presentase 100%, dengan setiap pertemuannya mengalami peningkata secara individual pada kategori sangat disiplin, pada pertemuan I mencapai 65.22%, pada pertemuan II mencapai 73.91%, pada pertemuan III mencapai 86.96%, pada pertemuan IV mencapai 91.30%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 43.48%, pertemuan II mencapai 56.52%, pertemuan III dan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Inovatif IKLIM EKSTRIM dapat meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI