DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENUNJUKKAN RASA EMPATI MENGGUNAKAN MODEL BEST DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B2 PAUD TERPADU ISLAM BAITUL MAKMUR
PENGARANG:INNA NURHASANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

 

Nurhasana, Inna. 2020.Mengembangkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Perkembangan Anak Dalam Menunjukkan Rasa Empati Menggunakan Model BEST Dengan Media Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B2 PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas, Motivasi Belajar, Model BEST (Bercerita, Examples Non Examples dan Student Teams Achievement Division) dengan media kartu bergambar.

 

Permasalahan penelitian ini di latar belakangi rendahnya rasa saling tolong menolong mengakibatkan rendahnya kesadaran untuk menghibur teman yang sedih, mendoakan teman sakit dan saling memberi & meminta maaf pada materi menunjukkan rasa empati pada anak kelompok B2 PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur. Upaya untuk mengembangkan aktivitas, motivasi dan hasil perkembangan anak yaitu melalui kombinasi model BEST dengan media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar dan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan rasa empati.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur berjumlah 14 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Motivasi belajar anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup tinggi, pertemuan II mencapai kriteria tinggi, pertemuan III mencapai kriteria sangat tinggi dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat tinggi. Ketuntasan klasikal hasil hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 43%, pertemuan II mencapai 64%, pertemuan III mencapai 86% dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model BEST dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas, motivasi belajar yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak dalam menunjukkan rasa empati.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI