DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SURVEY, RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL BATMAN ROBIN SEEKING THEIR GIFT PADA SISWA DI KELAS IV B SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN.
PENGARANG:MUHAMMAD SUAIDI FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Firdaus, M. Suaidi. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Survey, Rasa Percaya Diri  Dan Hasil Belajar Pada Muatan Bahasa Indonesia Melalui Model Batman Robin Seeking Their Gift Pada Siswa Di Kelas IV B SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Survey, Batman robin Seeking their Gift, CORE, Pair Check, Reward Punishment.

 

Permasalah pada penelitian ini terletak pada rendahnya keterampilan siswa dalam membaca survey dalam suatu teks, serta rendahnya rasa percaya diri siswa. Yang tentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia denga tema Indahnya Keragaman Negriku di kelas IV B SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Hal ini disebabkan dengan metode dan model pembelajaran yang diterapkan terlalu monoton dan kurang sesuai dalam kondisi siswa di kelas tersebut. Salah satu upaya meningikatkan keterampilan membaca survey, percaya diri dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan Model Batman Robin Seeking Their Gift. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui Aktivitas guru, aktivitas siswa yang berkaitan dengan keteampilan membaca survey, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B semester genap SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah sebanyak 28 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi keterampilan  aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan cross tabulasi dan grafik disajikan dengan           dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 36%, pertemuan II memperoleh 62%, dan pertemuan III memperoleh 86%. Percaya diri siswa pada pertemuan I mencapai 58%, pada pertemuan II mencapai 61% dan pada pertemuan III mencapai 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 34%, pertemuan II mencapai 55%, dan pertemuan III mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Batman Robin Seeking Their Gift. dapat meningkatkan aktivitas, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI