DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PRESTASI (PREDIKSI SISWA MELALUI INVESTIGASI KELOMPOK BERORIENTASI PADA PERMAINAN) PADA SISWA KELAS IV SDN ULU BENTENG 5 MARABAHAN
PENGARANG:GUSTI IZHAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

Izhar Gusti.2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Muatan IPS Pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Menggunakan Model PRESTASI (Prediksi Siswa Melalui Investigasi Kelompok Berorientasi Pada Permainan) Pada Siswa Kelas IV SDN Ulu Benteng 5 Marabahan.Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci  : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Model PRESTASI

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Ulu Benteng 5 Marabahan yang disebabkan oleh kesulitan mengingat materi yang diberikan, kurangya motivasi siswa dalam pembelajaran, siswa tidak mampu memfokuskan perhatiannya terhadap materi pembelajaran.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui aktivitas  guru,  aktivitas  siswa, motivasi belajar siswa  dan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku dengan Model PRESTASI (Prediksi Siswa Melalui Investigasi Kelompok Berorientasi Pada Permainan)

Penelitian  ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Ulu Benteng 5 Marabahan dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Data dianalisis secara kualitatif , yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 33 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 40 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 82,5% kriteria “Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif ”. dan motivasi belajar siswa selama 4 pertemuan selalu mendapatkan persentase 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 78,57% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PRESTASI dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Ada pun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam peningkatan proses belajar mengajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI