DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MODEL SI AKAR BAWANG (Siswa Aktif Kreatif dengan pRoses memBaca WAcana yang menyenaNGkan) DI KELAS III SDN SUNGAI LAKUM 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ULFAH ROHANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Rohanah, Ulfah. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Menggunakan Model SI AKAR BAWANG (Siswa Aktif Kreatif  dengan pRoses memBaca WAcana yang menyenaNGkan) di Kelas III SDN Sungai Lakum 2 Kabupaten Banjar

 

Kata-kata kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar, model pembelajaran SI AKAR BAWANG.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran terjadi secara satu arah sehingga kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang bersifat monoton, pembelajaran kurang menarik, serta kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru.Perlu adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model pembelajaran SI AKAR BAWANG. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sungai Lakum 2 Kab. Banjar tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 18 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 21 kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi skor 32 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 50% kriteria “Cukup Aktif”, dan pertemuan 4 mencapai 100% kriteria “Sangat Aktif”. Kemudian motivasi belajar pada pertemuan 1 mencapai 38,89% kriteria “Cukup Tinggi”, serta pada pertemuan 4 mencapai 100% kriteria “Sangat Tinggi”. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal mencapai 50%, dan pada pertemuan 4 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SI AKAR BAWANG dapat meningkatkan aktivitas siswa, motivasi siswa, dan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan agar penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa yang dapat meningkatan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI