DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur)
PENGARANG:DIAH AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIANKURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL

 

(Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Tatah Makmur)

 

DIAH AGUSTINA

Kekurangan Energi Kronis (KEK) merupakan  salah  satu masalah  kurang  gizi  yang  sering terjadi pada  wanita  hamil, yang disebabkan  oleh  kekurangan  energi dalam  jangka  waktu  yang  cukup  lama. Tahun 2018, Kabupaten Banjar merupakan Kabupaten yang memiliki ibu hamil dengan KEK terbanyak yaitu 8,91%. Didapatkan wilayah kerja Puskesmas Tatah Makmur dengan ibu hamil menderita KEK yaitu 21,59%. Tujuan penelitian ini menjelaskan hubungan antara pendapatan keluarga, pendidikan ibu, pengetahuan ibu, usia ibu, dan jarak kehamilan dengan kejadian kurang energi kronis pada ibu hamil. Desain yang digunakan adalah cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu hamil . Sampel berjumlah 115 responden yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Diperoleh hasil terdapat hubungan antara  pendapatan keluarga (p-value=0,039), terdapat hubungan antara pendidikan ibu (p-value=0,002), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu (p-value=0,316), tidak terdapat hubungan antara usia ibu (p-value=1,000) tidak terdapat hubungan antara jarak kehamilan (p-value=0,750) dengan kejadian kurang energi kronis pada ibu hamil. Oleh karena itu dinas kesehatan, puskesmas maupun instansi terkait dapat meningkatkan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan serta promosi kesehatan kepada ibu hamil.

 

Kata-kata kunci: Kekurangan Energi Kronis (KEK), pendapatan keluarga, pendidikan, pengetahuan, usia ibu, jarak kehamilan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI