DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, WORD SQUARE DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN KUIN CERUCUK 5 BANJARMASIN
PENGARANG:HENDRA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

 

Saputra, Hendra. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Word Square Dan Snowball Throwing Pada Kelas IV SDN Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi PGSD Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Word Square, Snowball Throwing.

 

Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS materi Jenis Kegiatan Ekonomi berdampak pada rendahnya hasil belajar karena siswa pasif dalam pembelajaran, tidak mampu berpikir kritis, kurang bekerja sama dan kurang antusias dalam pembelajaran. Solusi dari masalah tersebut peneliti menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Word Square Dan Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin. Pada siswa kelas IV berjumlah 23 orang tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik diinterpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 32 dengan persentase 100% kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 91,30% dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk hasil belajar kognitif 95,65%, hasil belajar afektif 100% dan hasil belajar psikomotorik 100% tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Word Square Dan Snowball Throwing pada aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, serta terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Word Square Dan Snowball Throwing ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS materi Jenis Kegiatan Ekonomi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI