DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ASMA PADA USIA 15 – 70 TAHUN (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Mesa Kota Banjarmasin)
PENGARANG:M. IRFAN ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


 

ABSTRAK

 

 

 

FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ASMA PADA USIA 15 – 70 TAHUN

 

 

 

(Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Mesa Kota Banjarmasin)

 

 

 

M. Irfan Abdillah

 

 

 

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang tidak menular dan sering terjadi serangan berulang. Asma menjadi salah satu masalah kesehatan global yang serius dan perlu ditangani. Menurut data dinas kesehatan Kota Banjarmasin 2018 wilayah kerja puskesmas dengan jumlah kasus baru asma tertinggi di Kota Banjarmasin terdapat di Puskesmas Sungai Mesa dengan prevalensi 2,45 % kasus baru. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan jenis kelamin, riwayat keluarga, paparan asap rokok, sensitif terhadap obat dan sensitif terhadap makanan dengan kejadian asma. Desain yang digunakan adalah case control. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat dengan umur 15 sampai 70 tahun dengan sampel sejumlah 104 responden yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value=0,001), riwayat keluarga (p-value=0,028), paparan asap rokok (p-value=0,001) dengan kejadian asma. Sedangkan tidak ada sensitif terhadap obat (p-value=0,241) dan sensitif makanan (p-value=0,844) dengan kejadian asma. Oleh karena itu Puskesmas Sungai Mesa maupun instansi terkait dapat meningkatkan KIE (komunikasi, informasi, edukasi) melalui penyuluhan atau media promosi kesehatan mengenai penyakit tidak menular terutama asma.

 

 

 

Kata-kata kunci:  jenis kelamin, riwayat keluarga, paparan asap rokok, sensitif        terhadap obat, sensitif terhadap makanan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI