DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ISI IKLAN TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TALKING STICK SISWA KELAS 5 SDN TELAGA BIRU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15



ABSTRAK

Wulandari. 2020. Meningkatkan Keterampilan Menulis Isi Iklan Tema  Benda-Benda di Sekitar Kita Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair and Share Dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Talking Stick Siswa Kelas 5 SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd.,Ph.D

 

Kata kunci: Menulis Isi Iklan, Think Pair and Share, Numbered Heads Together   dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa menulis isi iklan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan kurangnya penguasaan materi tentang menulis, kurangnya minat dan motivasi, pembelajaran hanya terfokus pada satu arah, metode dan model yang digunakan kurang bervariasi, sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share dikombinasikan dengan Numbered Heads Together dan Talking Stick.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan  hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.  Penelitian ini dilakukan di SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin pada siswa kelas 5 dengan jumlah siswa 24 orang tahun ajaran 2019/2020. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria baik dan siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, siklus I pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria aktif, dan siklus II pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 45,83%, siklus I pertemuan 2 mencapai 54,17%, siklus II pertemuan 1 mencapai 83,33%, dan siklus II pertemuan 2 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang berbunyi “Jika pembelajaran keterampilan menulis isi iklan menggunakan model pembelajaran  Think Pair and Share dikombinasikan dengan Numbered Heads Togetherdan Talking Stick,  maka hasil belajar pada siswa Kelas 5 SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin akan meningkat” dapat di terima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI