DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBER HEADS TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK (TS) PADA SISWA KELAS VB SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD AHLUN NAZHAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

ABSTRAK BAHASA INDONESIA

Nazhar, Muhammad, Ahlun. 2020.  Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Number Heads Together (NHT), dan Talking Stick (TS) Pada Siswa Kelas VB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Kombinasi Model Pembelajaran, Group Investigation (GI), Number Heads Together (NHT), dan Talking Stick (TS)

 

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Kelas VB Banjarmasin SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin menunujukkan interaksi kegiatan pembelajaran bersifat monoton hingga menjadi kurang aktif. Dan siswa kurang mengusai konsep materi dengan pada mata pelajaran IPS.  Dan pada mata pelajaran IPS memiliki KKM 65. Solusi untuk masalah ini dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Number Heads Together (NHT), dan Talking Stick (TS). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin

            Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasintahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 31 siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 66.67% (baik), meningkat menjadi 95,83% (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 48.39% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 93,55% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 45,16% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 93,55% pada pertemuan 4.

Dapat disimpulkan model kombinasi Pembelajaran Group Investigation (GI), Number Heads Together (NHT), dan Talking Stick (TS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 7 tentangPeristiwa Dalam Kehidupan di kelas VB SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI