DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN PADA MATERI KEBERAGAMAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL), TAKE AND GIVE (TAG) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN SUNGAI JINGAH 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD MIFTAHURRAHMAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


ABSTRAK

Miftahurrahmat, Muhammad. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn pada Materi Keberagaman Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG) Dan Team Game Tournament (TGT) di Kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Tahun Akademik 2019-2020. Pembimbing Drs. H. Sulaiman, M.Pd, Ph.D.

Kata kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Contextual Teaching            Learning, Take And Give, Team Game Tournament.

            Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin pada siswa kelas IV adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa pada materi keberagaman individu. Penyebabnya siswa tidak melibatkan diri dalam proses pembelajaran, pembelajaran menjadi tidak bermakna, kurang menarik dan pembelajaran bersifat satu arah. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan kombinasi model Contextual Teaching            Learning (CTL), Take And Give (TAG) dan Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa, motivasi belajar serta peningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman individu pada kelas IV SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin tahun ajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, angket motivasi belajar siswa, serta tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara klasikal tergolong ke dalam sangat aktif, untuk motivasi belajar siswa secara klasikal juga tergolong sebagian besar sangat termotivasi serta hasil belajar siswa secara klasikal juga telah mengalami peningkatan ketuntasan.

                  Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah dasar dapat menggunakan kombinasi model Contextual Teaching Learning (CTL), Take And Give (TAG) dan Team Game Tournament (TGT) sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI