DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 4 BANJARMASIN
PENGARANG:ERMA RAMONA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-15


Ramona, Erma. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Tema Benda-benda di sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Think Pair And Share dan Talking Stick pada Kelas V SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA, Inkuiri TerbimbingThink Pair And Share dan Talking Stick.

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Zat tunggal dan campuran. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang terlatih menggali informasi melalui pertanyaan, masih terpaku oleh arahan guru dalam memecahkan masalah. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Inkuiri terbimbing,  Think Pair And Share dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi Zat tunggal dan campuran pada siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penelitian adalah SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 18 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 25 (cukup baik), meningkat menjadi 39 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 32% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 93% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 56% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 96% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing, Think Pair And Share dan Talking Stick sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran IPA di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI