DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GIPS BALL (GROUP INVESTIGATION, PICTURE AND PICTURE, DAN SNOWBAL THROWING) DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:HERLINA LISTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Listiani Herlina, 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Muatan PPKn materi Keberagaman di Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Gips Ball (Group Investigation, Picture and Picture, Dan Snowball Throwing) Di Kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa,Hasil Belajar Siswa, Group Investigation, Picture and Picture, dan Snowball Throwing

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa pasif terhadap pembelajaran, kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran, dan kurangnya berpikir kritis terkait dengan pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 66. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa pada materi Keragaman di Indonesia dengan kombinasi model Group Investigation, Picture and Picture, Dan Snowball Throwing.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan padapertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II, III, dan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II dan III mencapai kriteri aktif, dan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 66,67%, pertemuan II mencapai 77,67%, pertemuan III mencapai 85,19%, dan pertemuan IV mencapai 92,59%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation dikombinasi model Picture and Picture, Dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Keragaman di Indonesia di kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI