DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), QUANTUM, DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN PEMURUS DALAM 6 KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:ELSA MUNAJAT RAHMANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

Rahmaniah, Elsa Munajat. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Quantum, dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Kecamatan Banjarmasin Selatan. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si.

Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Quantum, dan Snowball Throwing

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar muatan Matematik amateri Bangun Datar. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Datar dalam muatan Matematika menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Quantum, dan Snowball Throwing pada siswa kelas IV Pemurus Dalam 6 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin Selatan dengan jumlah 28 orang siswa. Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 81dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai skor 81% dengan kriteria seluruhnya aktif dan hasil belajar kognitif secara klasikal 81% (baik), afektif secara klasikal 81% (sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal minimal 81% (baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria sangat baik, siklus III mencapai kriteria sangat baik dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklus III mencapai kriteria aktif dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 53,57%, siklus II mencapai 75%, siklus III mencapai 89,29% dan siklus IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Quantum, dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Bangun Datar dikelas IV SDN Pemurus Dalam 6 Banjarmasin Selatan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran Matematika materi Bangun Datar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI