DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CESTELA BELANG DI KELAS IV SDN SURGI MUFTI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NORKHOLIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


 

 

Norkholizah.2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Model Pembelajaran Cestela Belang Di Kelas IV SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Pengukuran Sudut,  Cestela Belang.

 

Rendahnya aktivitas dan motivasi belajar siswa yang berdakmpak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin pada pelajaran matematika materi pengukuran sudut.  Hal ini disebabkan karena pembelajaran bersifat satu  arah dan pemahaman siswa yang masih rendah sehingga siswa cendrung pasif dan kurangnya motivasi belajar saat proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Cestela Belang kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Demonstration dan Snowball Throwing .

 

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dillaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Siswa kelas IV semester genap SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasintahun pelajaran 2019/2020 sebagai subjek penelitian, dengan siswa berjumlah 31 orang.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengandan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas. siswa, motivasi belajar dan hasil belajar pada pertemuan I sampai dengan pertemuan IV yakni aktivitas guru pada pertemuan I dan II mencapai skor baik dan pada pertemuan III dan IV mencapai kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh skor 32 dengan kriteria kurang aktif dan mengalami peningkatan pada pertemuan IV 94% selain itu pada motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai dengan pertemuan IV memperoleh peningkatan, yakni pada pertemuan I mencapai 52% meningkat pada pertemuan IV menjadi 94%.  Hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan I mencapai 35% dan mengalami kecendrungan peningkatan hingga 100% pada pertemuan 4.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cestela Belang kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Demonstration dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI