DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, MIND MAPPING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IVA SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SANDRA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Pratiwi, Sandra. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together (NHT) di KelasIVASDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin“. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Sunarno Basuki, Drs, M.Kes, AIFO.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together (NHT).

Rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak terhadap hasil belajar siswa dikarenakan siswa tidak mampu berpikir kritis dalam pembelajaran, pembelajaran bersifat teacher center dan siswa kurang mengembangkan kreativitas diri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together (NHT).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 26-32 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥ 82% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa memperoleh 100% dengan kriteria sangat aktif  dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 87%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Student Facilitator And Explaining, Mind Mapping dan Numbered Heads Together (NHT) menunjukkan aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa meningkat. Saran bagi guru dan kepala sekolah agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI