DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KEJUANGAN HAJI ABERANI SULAIMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD FERDY ARIADIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

 

Muhammad Ferdy Ariadie, 2019, Nilai-Nilai Biografi H. Aberani Sulaiman Sebagai Sumber Belajar IPS. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, pembimbing (1) Dr. H. Sarbaini, M. Pd, Pembimbing (2) Dr. Syaharuddin, S. Pd, MA.

 

Kata Kunci: Perjuangan, Biografi, Nilai

 

Haji Aberani Sulaiman sebagai pejuang asli dari Barabai, sudah sangat berjasa dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan bangsa asing khususnya di daerah Kalimantan Selatan. Beliau aktif dalam beberapa organisasi perjuangan dari GERPINDOM sampai dengan DIVISI IV ALRIperjuangan inilah yang bias ditranformasikan melalui nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan beliau melawan penjajahan.

Tujuan Penelitian adalah untuk (1) Mendeskripsikan Biografi haji Aberani Sulaiman, (2) Mendeskripsikan Nilai-Nilai Kejuangan Haji Aberani Sulaiman, (3) Mendeskripsikan Haji Aberani Sebagai Sumber Belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, Deskriptif, untuk menjelaskan  tentang Biografi, nilai-nilai dan sumber belajar IPS.

Hasil penelitian perjuangan kemerdekaan khususnya di daerah Barabai (Hulu Sungai Tengah) yaitu H. Aberani Sulaiman. Beliau dilahirkan di Desa Rangas Kecamatan Birayang tepatnya pada tanggal 3 Agustus 1925 dan meninggal di Banjarmasin pada tanggal 4 Desember 2001. Beliau adalah anak ke- 2 dari bapak H. Matnuh. H. Aberani mempunyai istri, namanya Siti Norma anak oleh Saberan. Tentang berapa orang anak-anaknya, hal ini agaknya termasuk banyak. Dari daftar riwayat hidupnya tercantum 12 orang. Melalui kisah perjuangan yang heroik maka didaptkan nilai yang dapat diimplementasikan yaitu: (a) Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Religius), (b) Nasionalisme, (c) Pantang Mundur dan Tak Kenal Menyerah, (d) Percaya Diri dengan Kekuatan dan Kemampuan, (e) Tanpa Pamrih, (f) Kesetiakawanan, Senasib Sepenanggungan dan Kebersamaan. Sebagai Guru IPS sudah tentunya lebih mengenalkan sejarah lokal Kalimantan Selatan kepada siswa-siswa di sekolah melalui Nilai Kejuangan Haji Aberani Sulaiman sebagai sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI