DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKN MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL QUANTUM TEACHING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN TIME TOKEN PADA KELAS IV SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:NISA UTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

Utari, Nisa. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat

Tinggalku Muatan PPKN Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Quantum Teaching, Numbered Heads Together (NHT), dan Time Token pada kelas IV SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Erny Wahdini, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Quantum Teaching, Numbered Heads

       Together (NHT) dan Time Token

Permasalahan penelitian ini adalah siswa sering kali mengalami kesulitan pada materi Keragaman Karakteristik Individu dan kesulitan dalam menerapkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku muatan PPKN kelas IV SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Disebabkan metode yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Quantum Teaching, Numbered Heads Together (NHT) dan Time Token. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Quantum Teaching, Numbered Heads Together (NHT) dan Time Token.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas IV semester genap SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 35 orang. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, aktivitas guru dan aktivitas siswa diukur melalui observasi, dan hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang disajikan dengan tabulasi dan grafik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 41%, pertemuan II mencapai 63,63%, pertemuan III mencapai 81,48%, dan pertemuan IV mencapai 88,57%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Quantum Teaching, Numbered Heads Together (NHT) dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI