DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKn TEMA 8 MATERI KERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN TELAGA BIRU 10 BANJARMASIN
PENGARANG:WIDYA AYU LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi keragaman karakteristik individu berdampak pada hasil belajar yang disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran, siswa kurang fokus dan sibuk sendiri saat proses pembelajaran, serta motivasi dan minat siswa yang kurang dalam pembelajaran PPKn. Untuk solusi dari masalah tersebut maka peneliti menggunakan kombinasi model kooperatif tipe Group Investigation, Numbered Head Together, dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa sertameningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Telaga Biru 10 Banjarmasin, yaitu pada siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan pada mata pelajaran PKn materi keragaman karakteristik individu pada tahun ajaran 2019/2020. Analisis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa. Indikator keberhasilan adalah apabila telah memenuhi kriteria keberhasilan dan ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 86% dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 100% tuntas.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model  kooperatif tipe Group Investigation, Numbered Head Together, dan Course Review Horay aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, serta terjadi peningkatan  aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi keragaman karakteristik individu, sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan kombinasi model ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran PKn materi keragaman karakteristik individu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI