DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL BINGKA (MEMBACA DAN MENULIS MELALUI MENCOCOKKAN KARTU DENGAN NOMOR KEPALA) PADA SISWA KELAS VB SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMADAYANTI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

 

Saputri, Rahmadayanti. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Model BINGKA (Membaca dan Menulis Melalui Mecocokkan Kartu dengan Nomor Kepala) Pada Siswa Kelas VB SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Ide Pokok, Model BINGKA.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VB SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran berlangsung satu arah dan monoton, kurang terlibatnya siswa saat proses pembelajaran serta rendahnya minat belajar siswa terutama pada minat membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 Panas dan Perpindahannya dengan model BINGKA (Membaca dan Menulis Melalui Mencocokkan Kartu dengan Nomor Kepala).

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan di kelas VB SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin dengan jumlah siswa 18 orang. Jenis data yang disajikan adalah data aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 23 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 31 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh  persentase 61% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 95% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa selama 4 pertemuan juga terus mengalami peningkatan menjadi 94% dengan kriteria motivasi “Sangat Tinggi”. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 39% tuntas dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa model BINGKA dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadikan penelitian ini sebagai alternatif dalam memilih model.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI