DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK BENDA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, EXPERIENTAL LEARNING, DAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN TANJUNG PAGAR 01 BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:ERMA YULIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


 

ABSTRAK

 

Yulianti, Erma. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada

 

Muatan IPA Materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Experiental Learning, Dan Course Review Horay Di Kelas IV SDN Tanjung Pagar 01 Banjarmasin Selatan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Tema Daerah Tempat Tinggalku ,Inkuiri Terbimbing, Experiental LearningDanCourse Review Horay.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanjung Pagar 01 Banjarmasin terhadap pembelajaran IPA. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami konsep materi pembelajaran, pembelajaran hanya bersifat satu arah, siswa mudah bosan ketika belajar karena pembelajaran yang monoton. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kombinasi ModelInkuiri Terbimbing,Experiental LearningDanCourse Review Horay.

 

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus.  Setting penelitian dilakukan di SDN Tanjung Pagar 01 pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 orang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada pelajaran IPA Tema Daerah Tempat Tinggalku. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwaInkuiri Terbimbing, Experiental LearningDanCourse Review Horay,dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I dengan perolehan skor  62,5, siklus II memperoleh skor 75, siklus III memperoleh Skor 87,5, pada siklus IV mendapat skor 95,8. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 66,5, pada siklus II memperoleh skor 77,7, pada siklus III memperoleh skor 83,9 dan pada siklus IV memperoleh skor 95,2. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, pada siklus I mencapai 52%, pada siklus II mencapai 64%, pada siklus III mencapai 72% dan pada siklus IV mencapai 92%.   

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Inkuiri Terbimbing,Experiental LearningDanCourse Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Tema Daerah Tempat Tinggalku. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Inkuiri Terbimbing,Experiental LearningDanCourse Review Horay dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI