DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI dan HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI GROUP INVESTIGATION(GI), NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT), TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) PADA KELAS IV SDN KUIN UTARA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

Aisyah, Siti. 2020.Meningkatkan  Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa  Muatan PPKn Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Group Investigation(GI), Numbered Head Together(NHT), Teams Games Tournament(TGT) Pada Kelas IV  SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Skrisp Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

Kata Kunci      : Hasil belajar, Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT)

 

            Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar muatan PPKn Daerah Tempat Tinggalku. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku dalam muatan PPKn menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT)pada siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

            Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dengan jumlah 26 orang siswa.Jenis data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 81dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal mencapai skor 81% dengan kriteriaseluruhnya aktif dan hasil belajar kognitif secara klasikal81%(baik), afektif secara klasikal 81%(sudah berkembang), dan psikomotorik secara klasikal minimal 81%(baik).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai kriteria baik, siklus II mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklu. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,29%, siklus IImencapai 89,29%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada tema Daerah Tempat Tinggalku dikelas IV SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara dan hipotesis dapat diterima. Meningkatkan hasil belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran PPKn tema Daerah Tempat Tinggalku.


ABSTRACT

Aisyah, Siti. 2020. Improving the Activity, Motivation and Learning Outcomes of PPKn Themes The Area Whare I live Using a Combination of Group Investigation (GI) Models, Numbered Heads Together (NHT), and Teams Games Tournament (TGT) in Grade IV Students of SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara. Thesis Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University. Advisor: Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

Keywords: Learning outcomes, Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), and Teams Games Tournament (TGT)

            This research was motivated by the low learning outcomes of the PPKn themeThe Area Whare I live. Therefore, a strategy is needed to improve student learning outcomes on the theme The Area Whare I live in PPKn using a combination of Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), and Teams Games Tournament (TGT) models in fourth grade students of SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin. This study aims to determine the activities of teachers, student activities and student learning outcomes.

            This research was conducted with a qualitative approach with the type of Class Action Research conducted in 2 cycles. The research subjects were fourth grade students of SDN Kuin Utara 5 North Banjarmasin with 26 students. The type of data taken is qualitative and quantitative data. Indicator of success in this study if the teacher's activity reaches a score of 81 with a very good category, classical student activity reaches a score of 81% with all active criteria and classical cognitive learning outcomes 81% (good).

            The results showed that the activities of the first cycle teachers reached good criteria, the second cycle reached very good criteria, The activity of students in the first cycle reaches a fairly active criterion, the second cycle reaches the active criteria Classical completeness of student learning outcomes in the first cycle reached 64.29%, cycle II reached 89.29%.

            Based on these findings, it can be concluded that the combination of the Group Investigation, Numbered Heads Together, and Teams Games Tournament models can improve learning outcomes on the theme of The Area Whare I live in class IV of SDN Kuin Utara 5 Banjarmasin Utara and the hypothesis is acceptable. Learning outcomes that have an impact on improving student learningoutcomes, especially in the PPKn lesson, the theme isThe Area Whare I live.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI