DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), TWO STAY TWO STRAY (TSTS), TALKING STICK DI KELAS IV SDN KARANG MEKAR 8 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD RAUDANI MAGHFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

Raudani, Maghfirah (2020).“Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Pada Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Two Stay Two Stray (TSTS), Talking Stick di Kelas IV SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin”.Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing:Dr. Sulistiyana, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Group Investigation, Two Stay Two Stray, Talking Stick.

 

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang tersedianya pengalaman belajar siswa yang beragam, suanana kurang menyenangkan dan menantang, komunikasi hanya satu arah dan cenderung pasifhal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Two Stay Two Stray, Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswadan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 22-28 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai 22-28 dengan kategori sangat aktif dan secara klasikal mencapai ³81% dengan kriteria hampir seluruhnya aktif serta hasil belajar mencapai ketuntasan ³80% secara klasikal.

Hasil peneltian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana pada pertemuan 4 memperoleh kategori sangat baik. aktivitas belajar siswa pada pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan memperoleh kriteria sangat aktif  dan secara klasikal memperoleh kategori hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa meningkatdan mencapai ketuntasan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Two Stay Two Stray dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar kombinasi model pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI