DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPA MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN BANYU HIRANG
PENGARANG:HARIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Hariati, 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPA melalui Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Banyu Hirang. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Group Investigation  (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick.

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, rendahnya kemampuan berpikirk kritis siswa, rendahnya kemampuan mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran, dan tidak semua siswa mampu bekerjasama dalam kelompok belajar, serta rendahnya semangat siswa, sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang bermakna. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 67. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPA yaitu menggunakan kombinasi Model Group Investigation GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Setting penelitian untuk kelas IV SDN Banyu Hirang, berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa sertates evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, memperoleh skor 21 dengan kriteria baik, pertemuan II memperoleh skor 25 dengan kriteria sangat baik, pertemuan III memperoleh skor 27 kriteria sangat baik, dan pertemuan IV memperoleh skor 28 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh persentase klasikal 58,82% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan II memperoleh persentase klasikal 76,47% dengan kriteria aktif, pertemuan III memperoleh persentase klasikal 82,35% dengan kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV memperoleh persentase klasikal 100% dengan kritera sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 52,94%, pertemuan II mencapai 70,59%, pertemuan III mencapai 82,35%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick pada siswa kelas IV SDN Banyu Hirang untuk aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai kriteria sangat aktif, dan ketutansan hasil belajar mengalami peningkatan mencapai indikator maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI