DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA 7 MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AIR CREW TITOK (Auditory Intellectually Repetition, CRH, dan Time Token) PADA KELAS IV SDN TELUK TIRAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:DESY RAHMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Permasalah dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa, karena siswa kurang berfikir kritis, tidak antusias, dan kurang siap dalam mengemukakan pendapat yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan capaian nilai ≤65 di kelas IV SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model AIR CREW TITOK (Auditory Intellectualy Repetition (AIR), CRH, dan Time Token). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteri aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42,30%, pertemuan II mencapai 69,23%, pertemuan III mencapai 75%, dan pertemuan IV mencapai 93%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model AIR CREW TITOK (Auditory Intellectualy Repetition (AIR), CRH, dan Time Token) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi Keragaman di kelas IV SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI