DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROKLAMASI (PEMECAHAN BERORIENTASI KONSEP BELAJAR AKTIF MELALUI KANCING INSTRUKSI) DI KELAS IVB SDN TELUK TIRAM 6 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR BAETI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Baeti, Nur. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model PROKLAMASI (Pemecahan Berorientasi Konsep Belajar Aktif Melalui Kancing Instruksi) Di Kelas IVB SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas, Kreativitas, Hasil Belajar, Problem Solving, Mind Mapping, dan Talking Chip.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, kreativitas dan hasil belajar siswa dikelas IVB SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin yang disebabkan oleh pembelajaran kurang bermakna, siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, kurangnya kegiatan yang menagasah kreativitas siswa, pembelajaran monoton dan satu arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, kreativitas dan peningkatan hasil belajar siswa muatan IPS tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dengan model PROKLAMASI.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IVB SDN Teluk Tiram 6 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan secara kualitatif berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan kreativitas siswa. Sedangkan, secara kuantitatif berupa tes tertulis. Kemudian di analisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhailan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kreativitas siswa, serta hasil belajar yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru mencapai kriteria “baik” pada pertemuan ke-1, kriteria “sangat baik” pada pertemuan ke-2, ke-3 dan ke-4. Aktivitas siswa pertemuan ke-1 46,15% dengan kriteria “cukup aktif” meningkat menjadi 96,30% dengan kriteria “sangat aktif” pada pertemuan ke-4. Kreativitas siswa pertemuan ke-1 38,46% dengan kriteria “kurang kreatif” meningkat menjadi 88,89% dengan kriteria “sangat kreatif” pada pertemuan ke-4. Hasil belajar siswa pada pertemuan ke-1 mencapai ketuntasan klasikal 23,08% kemudian meningkat menjadi 92,59% pada pertemuan ke-4.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana sesuai dengan rencana, aktivitas siswa, kreativitas serta hasil belajar menigkat secara individu maupun klasikal menggunakan model PROKLAMASI pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Hasil penelitian ini dapat disarankan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran pada muatan IPS dikelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI