DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MAKE A MATCH, DAN TAKE AND GIVE KELOMPOK B1 RA SAIRUSSALAM BARITO KUALA
PENGARANG:PARIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


ABSTRAK

Paridah. 2020. Mengembangkan Kognitif Anak dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Fungsi Menggunakan Model Explicint Instruction, Make A Match, dan Take and Give Kelompok B1 RA.Sairussalam Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Kognitif, Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, Explicit Instruction, Make a Match, Take and Give    

Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil perkembangan kognitif anak kelompok B1 dalam Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diberikan kurang menarik, pembelajaran yang kurang bervariasi yang hanya terfokus dengan menggunakan buku saja sehingga anak kurang tertarik dalam kegiatan mengenal benda berdasarkan fungsi. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi menggunakan model Explicit Instruction, Make A Match, Take and Give.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitaif yang dirancang 4 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA. Sairussalam Barito Kuala yang berjumlah 13 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥ 35 dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai ≥92 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model Explicit Instruction, Make A Match, Take and Give dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 28 meningkat menjadi 35 pada pertemuan IV dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak memperoleh 69% berkembang pada pertemuan IV memperoleh nilai 77% dengan kriteria Sangat Aktif, pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 4 anak memperoleh bintang (BSH) dan 9 anak memperoleh bintang (BSB) dengan persentase 92%. 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa menggunakan model Model Explicint Instruction, Make a match, dan Take and Give kelompok B1 RA.Sairussalam Barito Kuala. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengenal lambang huruf sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI