DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL BENGBENG MELIA (BELAJAR MENYENANGKAN SECARA BERPASANGAN MELALUI TONGKAT BICARA) PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN DALAM 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NURHIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


 

                                ABSTRAK

 

Nurhidayati. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Model BENGBENG MELIA (belajar menyenangkan secara berpasangan melalui tongkat bicara)Pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasin . Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr.Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar,Motivasi belajar,Hasil belajar dan Belajar menyenangkan, SQ4R (Survey, Question, Read, Recite,Record, Review), Make a Match, Talking Stick.

 

Permasalahan penelitian ini adalahrendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasin. Disebabkan pembelajaran hanya satu arah, pembelajaran yang kurang menarik dan pembelajaran yang membosankan. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas, motivasi dan hasil belajar yaitu melalui ModelBENGBENG MELIA (belajar menyenangkan secara berpasangan melalui tongkat bicara). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayan Dalam 1 Banjarmasintahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  24 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta motivasi belajar, data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik data serta disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan secara individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I hingga pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 33%, pertemuan II memperoleh 83%, pertemuan III memperoleh 80%, dan pertemuan IV mencapai 100%.  Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 39%, pertemuan II memperoleh 67%, pertemuan III memperoleh 80%, dan pertemuan IV mencapai 100%.Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 28%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan baik, aktivitas siswa dan motivasi siswa sangat aktif, serta hasil belajar yang meningkat menggunakan modelBENGBENG MELIA (belajar menyenangkan secara berpasangan melalui tongkat bicara) pada muatan Bahasa Indonesia tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa  kelas IV.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI