DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 MUATAN PPKN MATERI KERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKAN MODEL PENGALAMAN KREATIF MAMA DI KELAS IV SDN ANTASAN BESAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU AZHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-16


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan Kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu maupun kelompok. Data Kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan sampai kategori sangat baik dengan persentase 93%, begitu pula aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya hingga mencapai kategori sangat aktif dengan persentasi 88%. Hasil belajar pun selalu meningkat disetiap pertemuannya dengan ketuntasan klasikal maupun individual sebanyak 93%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI