DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MATERI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MENGGUNAKAN MODEL GIMBAL DI KELAS IVA SDN SUNGAI JINGAH 4 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SYARIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif, kemampuan berpikirkritis dan kreatif siswa rendah, minat dan motivasi siswa rendah terhadap pembelajaran, tidak menguasai materi Keberagaman Karakteristik Individu, dan belum dapat menerapkan materi Keberagaman Karakteristik Individu ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65 pada muatan PPKn di kelas IVA SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin.Oleh karena itu, upaya yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan model GIMBAL (Group Investigation, Mind Mapping, dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Sungai Jingah 4 Kota Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 28.Teknik pengambilan data yaitumenggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yaitu diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswaserta hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif.Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 54%, pertemuan II mencapai 75%, pertemuan III mencapai 86%, dan pertemuan IV mencapai 93%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Snowball Trhowingyang berdampak pada hasil belajar siswa muatan PPKn materiKeberagaman Karateristik Individudan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Disarankan model tersebut dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI