DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PADA PELAKSANAAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH , TALKING STICK DAN PICTURE AND PICTURE PADA ASPEK BAHASA ANAK DALAM MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF DI KELOMPOK B
PENGARANG:NOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

ABSTRAK

 

Azizah, Nor. 2020. Analisis Komparatif Pada Pelaksanaan Kombinasi Model Make A Macth , Talking Stick  Dan Picture And Picture Pada Aspek Bahasa  Anak Dalam Menyebutkan  Simbol-Simbol Huruf Di Kelompok B. Skripsi Program pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr.Deasy Arisanty, M.Sc.

 

Kata Kunci: Bahasa, simbol huruf, Make A Macth , Talking Stick  Dan Picture And Picture

 

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf. Hal ini dikarenakan kurang mengenalkan simbol-simbol  huruf-huruf  pada anak, guru hanya sesekali melakukan interaksi dengan anak, kurang memberikan kesempatan pada anak untuk menyebutkan simbol-simbol  huruf dan dalam pembelajaran guru tidak menggunakan contoh yang konkrit sehingga  kurang menarik.

 

Hasil laporan penelitian anak kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 35 Banjarmasin pada semester II Tahun ajaran 2018/2019dengan berjumlah 15 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Dari 15 anak hanya  2 orang anak yang memperoleh berkembang sangat baik (BSB), 2 orang anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), 6 orang anak mulai berkembang (MB) dan 5 orang anak yang belum berkembang (BB) dalam menyebutkan simbol-simbol huruf. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan pada pelaksanaan kombinasi model make a macth , talking stick  dan picture and picture pada aspek bahasa  anak dalam menyebutkan  simbol-simbol huruf di kelompok B sesuai dengan standar tahapan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka. Metode dalam pengumpulan data ini yaitu metode dokumentasi dengan deskriptif analisis

 

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan ada 7 langkah aktivitas guru dalam mengajar dan 4 langkah aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek bahasa pada kemampuan menyebutkan simbol-simbol huruf dan kegiatan yang menggunakan kombinasi model make a macth , talking stick  dan picture and picture dan pada penerapan strategi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aspek bahasa anak sesuai dengan tahap perkembanganya.

 

Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model make a macth , talking stick  dan picture and picture dalam menyebutkan simbol-simbol huruf dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan mengembangkan aspek bahasa pda kelompok B.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI