DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MATRERI KERAGAMAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR AND SHARE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS 4 SDN ANJIR SERAPAT LAMA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NOR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Hasanah, Nor. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ilmu 

Pengetahuan Sosial Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Materi 

Keragaman Di Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning 

Dikombinasikan Dengan Think Pair and Share dan Teams Games 

Tournament Di kelas 4 SDN Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala. 

Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan 

Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 

Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku, Problem 

Based Learning, Think Pair and Share, Teams Games Tournament.

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 

Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala terhadap pembelajaran IPS. Masalah 

dalam penelitian ini adalah Siswa kesulitan dalam menyerap pembelajaran, Siswa 

masih kurang memahami dan susah dalam mengingat materi pembelajaran dan Siswa 

merasa jenuh dangan proses pembelajaran yang monoton tidak ada penggunaan 

model dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan

model Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan Think Pair and Share dan 

Teams Games Tournament.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian 

Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus. Setting penelitian 

dilakukan di SDN Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala pada siswa kelas IV 

dengan jumlah siswa 25 orang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada 

pelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis data yang digunakan 

yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam 

kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh 

melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator 

ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning, Think Pair 

and Share, Teams Games Tournament, dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I 

dengan perolehan skor 65,9, siklus II memperoleh skor 75, siklus III memperoleh 

Skor 82, pada siklus IV mendapat skor 91. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 

60, pada siklus II memperoleh skor 72, pada siklus III memperoleh skor 80 dan pada 

siklus IV memperoleh skor 96. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan 

yang diharapkan, pada siklus I mencapai 60%, pada siklus II mencapai 72%, pada 

siklus III mencapai 80% dan pada siklus IV mencapai 96%

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan 

menggunakan kombinasi Problem Based Learning, Think Pair and Share, Teams 

Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil 

belajar siswa pada pelajaran IPS materi Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. 

Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Problem Based Learning,

Think Pair and Share, Teams Games Tournament dalam menciptakan kegiatan 

belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada 

kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI