DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MATRERI KERAGAMAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN THINK PAIR AND SHARE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS 4 SDN ANJIR SERAPAT LAMA KABUPATEN BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | NOR HASANAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-17 |
Hasanah, Nor. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ilmu
Pengetahuan Sosial Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Materi
Keragaman Di Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning
Dikombinasikan Dengan Think Pair and Share dan Teams Games
Tournament Di kelas 4 SDN Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala.
Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing
Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku, Problem
Based Learning, Think Pair and Share, Teams Games Tournament.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN
Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala terhadap pembelajaran IPS. Masalah
dalam penelitian ini adalah Siswa kesulitan dalam menyerap pembelajaran, Siswa
masih kurang memahami dan susah dalam mengingat materi pembelajaran dan Siswa
merasa jenuh dangan proses pembelajaran yang monoton tidak ada penggunaan
model dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan
model Problem Based Learning Dikombinasikan Dengan Think Pair and Share dan
Teams Games Tournament.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat siklus. Setting penelitian
dilakukan di SDN Anjir Serapat Lama Kabupaten Barito Kuala pada siswa kelas IV
dengan jumlah siswa 25 orang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada
pelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis data yang digunakan
yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam
kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh
melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator
ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning, Think Pair
and Share, Teams Games Tournament, dapat diketahui aktivitas guru dari siklus I
dengan perolehan skor 65,9, siklus II memperoleh skor 75, siklus III memperoleh
Skor 82, pada siklus IV mendapat skor 91. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor
60, pada siklus II memperoleh skor 72, pada siklus III memperoleh skor 80 dan pada
siklus IV memperoleh skor 96. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan
yang diharapkan, pada siklus I mencapai 60%, pada siklus II mencapai 72%, pada
siklus III mencapai 80% dan pada siklus IV mencapai 96%
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan kombinasi Problem Based Learning, Think Pair and Share, Teams
Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa pada pelajaran IPS materi Tema Indahnya Keragaman di Negeriku.
Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Problem Based Learning,
Think Pair and Share, Teams Games Tournament dalam menciptakan kegiatan
belajar mengajar yang dapat meningkatkan interkasi dan keterlibatan siswa pada
kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasi
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI