DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN TEMPELCUT AND PATCH ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TUNADAKSA KELAS III SDN 2 KOMET BANJARBARU
PENGARANG:AULIA RISMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Aulia Rismadani, 161012732001. 2019. Efektivitas Media Cut and Patch Activity dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Tunadaksa Kelas III SDN 2 Komet Banjarbaru. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Dosen Pembimbing I: Agus Pratomo Andi Widodo, M.Pd dan Pembimbing II: Sihadi, M.Pd.

Kata Kunci: Anak Tunadaksa, Kemampuan Motorik Halus, Media Cut and Patch Activity

Anak tunadaksa mengalami hambatan pada fisiknya baik pada otot, tulang maupun sendinya sehingga berdampak pada sistem geraknya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti kemampuan anak dalam berpakaian mengancing baju. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk meningkatkan kemampuan motorik anak tunadaksa perlu diadakannya kegiatan atau latihan yaitu dengan berbagai media. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasidari media papan tempel yang diberinamaMedia Cut and Patch Activity.

Penelitian ini menggunakan metode eskperimen dengan penelitian subjek tunggal atau SSR (Single Subject Reseacrh). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A, subjek dalam penelitian ini adalah anak tunadaksa kelas III SD Negeri 2 Komet Banjarbaru. Sistem pencatatan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cut and patch acticity efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus yang terhitung dalam mengancing baju pada anak tunadaksa. Pada tahap baseline 1 (A1) anak mendapatkan skor 25%, pada tahap intervensi (B) kemampuan anak berhasil meningkatkan dan mendapatkan skor 50%-75% dan pada tahap baseline 2 (A2) kemampuan anak meningkat dan mendapatkan skor 74%-100%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI