DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI DAN DISIPIN BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL KACA BERSINAR PADA SISWA KELAS V SDN PEKAUMAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FITRI PADHILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

ABSTRAK

 

Padhilah, M Fitri. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Memindai dan Disiplin Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model KACA BERSINAR pada Siswa Kelas V SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT), Role Playing

 

 

 

Keterampilan membaca merupakan faktorpenentu dari keberhasilan proses pembelajaran bahasa indonesia, salah satunya Keterampilan membaca memindai. Membaca memindai membiasakan siswa untuk dapat menyerap informasi secara tepat, cepat, serta efisien di dalam pembelajaran bahasa indonesia. Namun faktanya dilapangan keterampilan membaca memindai  dan disiplin belajar masih relatif rendah yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka dari itu permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca memindai dan disiplin belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V SDN Pekauman 1 Banjarmasin. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang dilaksanakan  kurang bermakna, bersifat satu arah dan monoton. Salah satu upaya untuk meningkatkan Aktivitas, disiplindan hasil belajar yaitu melalui Model Inovatif KACA BERSINAR yang merupakan kombinasi dari model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Heads Together (NHT), Role Playing Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar siswa dan untuk meningkatkan aktivitas, disiplin dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Pekauman 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak  31 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket disiplin belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 17, meningkat pada pertemuan  III menjadi 26. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 41,93%, meningkat pada  pertemuan III memperoleh presentase 83,87% . Disiplin belajar siswa  pada pertemuan I mendapatkan skor 48,38%, dan  pada pertemuan III meningkat memperoleh ketuntasan klasikal mencapai presentase 100%, Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 54,85%, meningkat pada pertemuan III mencapai 93,55%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Inovatif KACA BERSINAR dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, disiplin belajar dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI