DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, KREATIVITAS DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MELAKUKAN EKSPLORASI DENGAN BERBAGAI MEDIA DAN KEGIATAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DAN METODE EXAM MELALUI KEGIATAN FINGERING PADA KELOMPOK B TK PEMBANGUNAN BANJARMASIN
PENGARANG:HALIMATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


Husna, Halimatul. 2020. Mengembangkan aktivitas, kreativiitas dan hasil

perkembangan anak dalam melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan menggunakan kombinasi model explicit instruction dan metode experiment melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B TK Pembangunan Banjarmasin.Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kreativitas Anak, Model Explicit Instruction, Metode Experiment, Finger painting

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan mengakibatkan anak kesulitan dalam mempelajari melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan Kelompok B TK Pembangunan Banjarmasin Barat. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi  model Explicit Instruction, metode Experiment dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, kreativas anak dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dengan Pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang dalam 4 kali pertemuan, subjek penelitian ini merupakan anak kelompok B TK Pembangunan Banjarmasin dan cara pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yagng dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Perkembangan kretivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria cuku tinggu, pertemuan II mencapai kiteria cukup cinggi, pertemuan III mencapai kriteria sangat tinggi, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat tinggi. Ketuntasakn klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 45,45%, pertemuan II mencapai 57,14%, pertemuan III mencapai 80%, dan pertemuan IV mencapai 92%.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Explicit Instruction, dan metode Experiment melalui kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI