DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, JIGSAW, DAN TALKING STICK PADA KELAS V A SDN SUNGAI JINGAH 5
PENGARANG:NOR AWALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

ABSTRAK

 

 

 

Awalia, Nor. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi  Model Inkuiri Terbimbing, Jigsaw, Dan Talking Stick Pada Kelas V A SDN Sungai Jingah 5. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, Kombinasi  Model Inkuiri Terbimbing, Jigsaw, dan Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. siswa di kelas V SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin. Dalam  proses pembelajaran siswa tidak terlibat secara aktif karena pada saat dikelas atau dilapangan pembelajaran monoton mengakibatkan  pembelajaran  terasa  membosankan dan tidak menarik sehingga peserta didik sulit untuk menerima pelajaran. upaya untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Jigsaw, dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin tahun pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 39 laki-laki 17 perempuan 22 Jenis data dalam penelitian ini kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dan II

 

mencapai kriteria baik, pertemuan III dan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pada pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pada pertemuan ke III mencapai kriteria aktif, pada pertemuan terakhir IV mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan I ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 41%, Pada pertemuan II ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 62%. Pada pertemuan III ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 82%, Pada pertemuan IV ketuntasan hasil klasikal belajar siswa 95%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Jigsaw, dan Talking Stick, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA  tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas VA SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin dan Hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI