DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENGEKSPRESIKAN EMOSI SESUAI KONDISI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES, ROLE PLAYING DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-AZHAR BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


ABSTRAK

Fitria. 2020. “Perkembangan Sosial Emosional Dalam Mengekspresikan Emosi, Sesuai Kondisi Menggunakan Kombinasi Model Examples Non Examples, Role Playing dan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B TK Al-Azhar Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M. Pd.

 

Kata Kunci: Sosial Emosional, Mengekspresikan Emosi Sesuai Kondisi, Examples Non Examples,Role Playing dan Metode Pemberian Tugas.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya hasil perkembangan sosial emosional anak kelompok B dalam mengekspresikan emosi sesuai kondisi. Hal ini disebabkan anak saling berebut dulu-duluan ketika guru membagikan lembar tugas pembelajaran, anak masih mengganggu temannya ketika belajar dan anak tidak ikut pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional dalam mengekspresikan emosi sesuai kondisi menggunakan kombinasi model Examples Non Examples, Role Playing dan metode Pemberian Tugas.

Setting penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Al-Azhar Banjarmasin menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak dan hasil perkembangan aspek sosial emosional anak.

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu berkembang. Aktivitas guru pada pertemuan terakhir mengalami perkembanganmencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak pada pertemuan terakhir mengalami perkembangan mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan aspek sosial emosional anak pada pertemuan terakhir berhasil mencapai berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa mengunakan kombinasimodel Examples Non Examples, Role Playing dan metode Pemberian Tugas dalam mengekspresikan emosi sesuai kondisi dapat mengembangkan aspek sosial emosionalpada anak kelompok B TK Al-Azhar Banjarmasin. Disarankan agar guru dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran sosial emosional khususnya dalam mengekspresikan emosi sesuai kondisi sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI