DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Snowball Throwing dan Numbered Head Together (NHT) kelas IV SDN Tambak Anyar Martapura
PENGARANG:OXTA VIDHYA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-17


 

ABSTRAK

 

Putri,

Oxta Vidhya. (2019).Meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui kombinasi model Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT kelas IV SDN Tambak Anyar Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT.

 

 

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan tidak ada interaksi antara siswa di dalam kelas untuk berdiskusi, tidak terbiasa dengan pembelajaran yang menekankan pada sikap serta berpikir kritis dan kurang menerapkan media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan melalui kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Yang mana subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester genap SDN Tambak Anyar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang. Data kualitatif didapat dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu, yang menggunakan analisis data tipe Transformative Mixed Methodes: Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru selama 4 pertemuan meningkat dari skor 18 hingga 20. Aktivitas siswa selama 4 pertemuan meningkat dari 80,70% - 92,30% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada selama 4 pertemuan meningkat dari 30,80% - 84,60% (klasikal).

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Sehingga hipotesis dengan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT dapat diterima dan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Putri,

Oxta Vidhya. (2019).Increasing Mathematics Learning the Results in Material Fraction Addition and Subtraction Models Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT in IV grade students of SDN Tambak Anyar Martapura. Thesis Primary School Teacher Education Department. Teacher Training and Education Faculty. Lambung Mangkurat University. Adviser Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Key Word:

Learning Outcomes,Fraction Addition and Subtraction , Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing and Numbered Head Together NHT.

 

 

 

The problem of this study is the lack of  student learning outcomes. This because there is no interaction between students in the class to discuss, not familiar with learning that emphasizes attitudes and critical thinking and lacks applying media used in the learning process. Attempts to overcome these problems are applied through a combination of learning models: Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT. The purpose of this study is to determine the quality of teacher activities, student activities that have an impact on increasing student learning outcomes.

 

This research is a Classroom Action Research (CAR) by applying a quantitative and qualitative research approach which conducted in four meetings. The subjects of this research are the IV grade students in the even semester of SDN Tambak Anyar Martapura in the 2018/2019 academic year total 26 people. Qualitative data was obtained from observation of teacher activities and student activities while quantitative data was obtained through group and individual written tests, which used data analysis type Transformative Mixed Methodes: Descriptive Analysis and Cross Tabulation Analysis.

 

The results of this study indicate that teacher activity for 4 meetings increased from a score of 18 to 20. Student activity during 4 meetings increased from 80,70% - 92,30% (classical). The cognitive aspects of learning outcomes during the 4 meetings increased from 30,80% - 84,60% (classical).

 

Based on the results of the study can be concluded that the teacher's activities carried out very well, the activities of students have been very active, and learning outcomes have achieved individual and classical completeness. So that the hypothesis with a combination model of the Problem Based Learning (PBL) Snowball Throwing  dan Numbered Head Together NHT can be accepted, and the model can be used as an alternative in increasing student activities that have an impact on improving student learning outcomes.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI